Selasa, 02 Desember 2014

Pulau Bedil

Pulau Bedil dari kejauhan.

Sungguh tiada habisnya keindahan alam yang diberikan oleh pulau kecil ini (Sumbawa).Kali ini saya ngebolang ke salah satu pulau kecil di kec.Utan kab.Sumbawa,masyarakat biasanya menyebut dengan sebutan Pulau Bedil.Namun perjalanan saya kali ini bisa dibilang perjalanan yang tak terduga.Bagaimana tidak,sebelumnya saya gak berfikir apalagi berencana untuk datang ke pulau ini,namun ternyata eh ternyata saya dapat informasi kalo rekan-rekan bakal datang ke pulau ini,saya sempat shock karena gak tau apa yang harus saya lakukan duluan,padahal teman saya akan berangkat setengah jam lagi.Pergi gak ya?(dilema itu seketika muncul secara tiba-tiba).Kalo gak ikut,kapan lagi meninggalkan jejak di atas pulau cantik ini?(tambah risauan di dalam hati membuat perang hati).Nampaknya jiwa traveling sangat melekat di jiwa saya,dilema itu seketika hilang dengan sendirinya.Saya langsung bergegas untuk mengemasi perlengkapan untuk perjalanan nanti.

Perjalanan saya dan teman-teman dimulai dari kampung bugis tepatnya di depan resot Sumbawa,disinilah kami berkumpul.Berbagai perlengkapan sudah kami siapkan dan tidak perlu menunggu waktu lama kita segera meluncur agar tidak sampai terlalu larut malam.Dengan kondisi yang cukup fit saya siap untuk mengendarai motor dengan menggonceng teman wanita untuk menuju desa Utan.Disepanjang perjalanan saya merasa pegal dan mata mulai ngantuk,apalagi mata saya dimasuki binatang kecil,waahhh sakit dan perih sekali,namun saya tetap fokus dan melanjutkan perjalanan agar dapat menikmati keindahan Pulau Bedil.Angin yang cukup kencang serta cuaca yang cukup dingin menambah tantangan bagi kami,badan ini sudah merasa dingin dan butuh kehangatan,namun saya menghilangkan perasaan itu semua dan menganggap semuanya baik-baik saja.Disela perjalanan saya dan seorang teman sempat berbincang dan bercanda untuk menghilangkan rasa dingin menusuk tulang.Dan akhirnya kami sampai ke desa utan setelah menempuh perjalanan kurang lebih satu jam setengah,alhamdulillah ALLAH masih melindungi kami sehingga sampai di tempat tujuan dengan selamat.

Saya dan teman-teman beristirahat dan bermalam disalah satu rumah teman kami di desa utan sebelum melanjutkan perjalanan besok ke pulau Bedil,rasanya tidak mungkin jika kami melanjutkan perjalanan malam itu juga,selain lelah tidak mungkin ada kapal yang beroperasi tengah malam begini.Sebelum kami melepas lelah di atas kasur,kami disuguhkan jagung rebus atau orang Sumbawa biasa menyebutnya dengan ‘Baso Kela’,sebuah makanan yang dapat mengisi perut dan menghilangkan sedikit rasa dingin akibat perjalanan panjang tadi.Beberapa menit kemudian mata mulai setengah terbuka bak bulan sabit di kala malam,tidak sempurna memancarkan cahaya,begitu juga dengan mata saya tidak sempurna terbuka,badan juga terasa lemas rasanya ingin segera melepas lelah yang begitu menyiksa.Saya kemudian terbaring dan siap menjemput mimpi dimalam yang dingin ini.

Matahari mulai muncul malu-malu dari balik gunung,ayam mulai bernyanyi berirama mengisyaratkan hari sudah pagi.Saya kemudian terbangun walau mata belum sempurna terbuka,pandangan masih kabur dan ingin rasanya tidur lagi,hehehe.Namun saya ingat kalau hari ini kami akan melakukan trip ke Pulau Bedil,sontak mata tiba-tiba terbuka lebar bak bulan purnama yang memancarkan cahayanya begitu sempurna.Dan saatnya untuk mandi,agar tubuh menjadi lebih segar dan wangi.Semuanya sudah siap,mandi,perlengkapan dan sarapan telah kami lakukan dan IT’S TIME TO TRIP. :D

Hanya menghabiskan waktu kurang lebih 6 menit untuk sampai di dermaga Utan,kita sempat-sempatin selfian sebelum menyebrang ke Pulau Bedil. #narsis,hehhee.Diperjalanan saya banyak menjumpai burung berwarna putih menari-nari diatas air dan udara,gak tau yah apa nama burung itu,intinya sih cukup memanjakan mata kami selama perjalanan.Perjalanan laut selama kurang lebih 10 menit,sangat cepat bukan?bagaimana tidak,dari dermaga utan kita sudah bisa melihat pulau bedil ini dari kejauhan.Sebuah pulau kecil yang indah,dari jauh saja hamparan pasir putih terlihat cukup jelas,perpaduan pasir putih,birunya air laut serta hijaunya pepohonan membuat saya ingin rasanya sampai detik ini juga,gak sabar.hehehe.

And finally kita sampai juga,wooooww air lautnya sangat jernih cocok banget untuk snorkeling.Namun hasrat untuk snorkeling ditunda dulu,saya harus istirahat sejenak dan menikmati keindahan Pulau Bedil yang begitu eksotis.Rasanya saya sangat mupeng nih untuk foto-foto,secara pemandangannya indah banget.Pulau ini berbentuk lingkaran di tengah lautan.Kalo di Lombok ada 3 pulau yang indah,yaitu pulau gili terawangan,gili air dan gili meno,nah Sumbawa gak mau kalah dengan 3 gili yang gak kalah menakjubkan,yaitu pulau keramat,pulau gili dan pulau bedil tempat saya berpijak saat ini.Dari pulau bedil kita bisa melihat pulau keramat dan pulau gili yang berdekatan,jika dilihat dari ketinggian ketiga pulau ini berbentuk sebuah segitiga.Pulau bedil ini seperti pulau private,tidak ada keramaian ataupun penjual kuliner disini,jika anda ingin kesini,diwajibkan untuk membawa bekal sendiri dari rumah,kalo gak yah bisa mati kelaparan,hahahaha.Hanya ada 1 rumah kecil disini,ntah rumah penjaganya atau tidak,saya gak begitu paham,namun yang tinggal disini sangat ramah dan friendly.

Pasir putihnya menggoda. :D

Pulau Bedil dari dekat.

On the way.

Akhirnya sampai juga.

Ah rasanya saya gak sabaran untuk foto-foto,narsis dulu lah sebelum berjumpa dan foto selfie bareng sahabat-sahabat ikan di dalam air sana.Pemandangannya so beautiful,rugi banget kalo kesini gak foto-foto apalagi sampe gak bawa kamera,aaahhh bisa kebayang betapa menyesalnya anda.hihihi.Dipulau ini banyak kita jumpai pohon kelapa yang gak begitu tinggi,jadi yang ingin air segar dari buah ini gak perlu khawatir,cukup mengeluarkan selembar uang Rp.5000 saja anda bisa menimati pulau ini sambil meneguk air kelapa yang segerrrr.Sayangnya disini kita belum menemukan banana boat,speed boat atau semacamnya,padahal pulau ini sudah memberikan keindahan yang luar biasa untuk meningkatkan pariwisata disumbawa.Kalo ada banana boat atau permainan air lainnya kan dapat menarik wisatawan local maupun mancanegara.Heemmzzz saying sekali ya,semoga saja kedepannya pulau ini lebih diperhatikan menjadi tempat objek wisata yang mendatangkan wisatawan,sehingga dapat menambah devisa daerah.Amiiinn…Berbicara tentang wisatawan lokal maupun mancanegara,saat saya berkunjung ke pulau ini sudah cukup banyak wisatawan mancanegara yang menghabiskan liburan mereka disini,ada yang dari Holandia,Franch,Australia dll,dan ada juga yang dari pulau jawa..Mulai dari anak kecil sampai paruh bayah datang kesini.Dengan fasilitas yang kurang saja sudah mendatangkan wisatawan,apalagi sudah ada fasilitas yang mendukun untuk menjadi objek wisata,waahhh pulau Sumbawa bakalan ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan lokal maupun mancanegara.

Melompat lebih tinggi :D

Pohon kelapa yang berbaris rapi di pulau kecil ni.

Narsis dulu,,hehehe... :D
Rumah kecil yang berdiri sendiri.

Kembali ke laptop.Setelah puas-puasin narsis di atas pasir putih,saya langsung bergegas menyiapkan alat snorkeling untuk bermain bersama sahabat ikan disana.Di Pulau Bedil ini,tidak perlu snorkeling di tempat yang dalam,di dangkal saja kita sudah banyak menjumpai ikan-ikan yang cantik disini.Mulai dari ikan zebra,buntal,dll,sebenarnya sih banyak ikan-ikan berwarna warni,ada yang berwarna biru,hijau,kuning,tapi sayangnya saya gak tau nama dari ikan tersebut.Sorry yah,ntar deh dipelajari lagi tentang nama-nama hewan cantik ini. :D.Ternyata eh ternya,karang disini sudah cukup banyak yang mati akibat penangkapan ikan secara illegal,waahh sayang sekali,hikshikshiks. ;( Semoga akan cepat tumbuh benih yang baru sehingga ekosistem laut akan tetap indah dan kita mudah menjumpai ikan dan karang cantik di dalamnya.Jika kita bersahabat dengan alam,maka alam akan lebih bersahabat dengan kita,dan jika kita menghacurkan alam,maka alam akan lebih menghancurkan kita...By the way on the bus way,rasanya berjam-jam snorkeling gak cukup yah,rasanya baru saja beberapa menit nyelam di air,tapi perut gak bisa diajak kompromi alias lapeeerr.Istirahat dulu bercanda dan bermain dengan sobat kecil yang imut menggemaskan ini.

Snorkeling.

Photo by Lso Tour

Saya dapat bintang laut. :D
Ini ni burung yang saya ceritakan tadi. Burung apa ya?

Setelah hampir setengah hari menikmati keindahan Pulau Bedil,tak terasa hari sudah semakin sore dan saatnya kami akhiri petualangan di Pulau Bedil yang indah ini.Rasanya sangat berat meninggalkan tempat ini dan ingin berlama-lama disini.Lain waktu saya akan kembali untuk mengulang jejak petuialangan disini.Bye-bye Pulau Bedil.I WIIL COME BACK.. :D