Minggu, 09 Agustus 2015

Pengalaman Mengikuti Pemuda Pelopor

     
Profil Singkat
     Saya adalah mahasiswa dari perguruan tinggi swasta yang terletak di Kabupaten Sumbawa,Provinsi NTB yaitu UNIVERSITAS SAMAWA (UNSA).Saya mengambil Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan program studi Ekonomi Pembangunan.Saya termasuk orang yang aktif di kampus dengan mengikuti berbagai lomba seperti English competition,debat antar mahasiswa (Alhamdulillah juara 1),lomba pemuda pelopor dan juga menjadi peserta terbaik saat ospek.Selain itu saya masuk dalam sebuah organisasi Lembaga Gubernur Mahasiswa (LGM) dengan banyak menyelenggarakan berbagai lomba seperti lomba footsal,lomba menari tradisional,menggambar,lomba hijab style,dll.Dan organisasi kami sering bekerjasama dengan instansi tertentu seperti penyelenggaran seminar “Kampanye Anti Narkoba” yang bekerjasama dengan BNN.


     Kegiatan Kepemudaan
     Menjadi mahasiswa yang aktif menurut saya sangatlah penting.Dimana kita bisa mengeksplore kemampuan yang kita miliki serta memiliki banyak pengalaman yang tentunya akan menjadi bekal untuk kita dikemudian hari,karena saya memegang teguh prinsip “Experience is The Best Teacher”,tentunya dengan tujuan agar bermanfaat untuk orang banyak.Bagi saya,bila kita memiliki ilmu setinggi langit dan seluas jagat raya,jika kita tidak berbagi dan tidak mengimplementasikannya ke dalam masyarakat,maka itu sangatlah percuma.

     Seperti yang saya jelaskan di atas tadi,saya mengikuti pemilihan pemuda pelopor tingkat kabupaten,dimana ada berbagai bidang seperti Pendidikan,Budaya dan Pariwisata,Informasi dan Komunikasi,Pangan,dan juga Sumber Daya Alam,dimana saya mengambil bidang Informasi dan Komunikasi.Saya dan peserta lainnya yang berada di seluruh kabupaten Sumbawa berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik agar bisa mewakili Sumbawa di tingkat provinsi.Kami melakukan seleksi wawancara dengan dewan juri,pertanyaan demi pertanyaan terlontarkan dari bibir mereka,sebelumnya saya merasa gugup,namun saya yakini diri bahwa ada Allah yang selalu disamping saya,saya berfikir bahwa inilah kesempatan saya untuk mengeksplore apa yang saya miliki.

     Sekitar sebulan berjalan setelah pelombaan,ada kabar baik untuk saya bahwa saya menang lomba Pemuda Pelopor tingkat kabupaten Sumbawa dengan bidang Informasi dan Komunikasi,dan saya berhak untuk mewakili Sumbawa ke tingkat provinsi.Bersyukur kepada Allah yang telah memberikan saya kesempatan ini,sungguh nikmat tuhan manakah yang kau dustai? :D

     Namun perjalanan saya masih panjang,banyak jurang dan rintangan di depan sana yang harus saya lalui,namun saya yakin bahwa saya bisa melewati jurang itu karena saya memiliki jembatan “Do’a dan Usaha”.Sesungguhnya manusia hanya bisa memohon dan berharap,dan Allah lah yang menentukan.Saya harus melalui lomba Pemuda Pelopor tingkat provinsi sebelum menuju tingkat nasional,seperti pada tingkat kabupaten,kita diwawancarai lagi namun dengan juri yang berbeda.Lomba ini bagi saya bukan semata-mata untuk menjadi juara,namun saya ingin masyarakat bisa merasakan apa yang saya rasakan dengan bidang pelopor yang saya geluti,saya berharap bisa menjadi juara di hati masyarakat juga.

Menjelaskan bidang kepeloporan yang digeluti. :)

Sesi tanya jawab dengan dewan juri.

Foto bersama dengan dewan juri.



     Harapan

     Saya berharap bahwa apa yang saya lakukan bisa bermanfaat untuk orang lain dalam hal positif.Dengan bidang “Informasi dan Komunikasi”,saya berharap masyarakat mendapatkan informasi yang baik serta memanfaatkan teknologi sebagai media mereka untuk mengembangkan kreatifitas dan inovasi.

1 komentar:

  1. Boleh share kira2 contoh pertanyaan dari dewan juri saat wawancara seperti apa ya?

    BalasHapus